Music Programming

SAINT – Software – Music programmer atau seorang pemusik yang sekaligus programmer memang kurang didengar di kalangan orang awam. Tapi asal kita tahu saja, profesi tersebut sudah ada dan banyak dibutuhkan.Untuk mengembangkan infrastruktur music digital sendiri membutuhkan suatu pemrograman.
Namun masih disayangkan karena di sekolah-sekolah IT atau Informatika dan semacamnya di Indonesia belum menyadari hal tersebut. Jadi hanya para peminat khusus yang akhirnya mempelajari dunia pemrograman musik ini.
Teknologi yang digunakan dalam pemrograman musik sudah semakin berkembang sehingga masing-masing memiliki suatu kedalaman yang harus dipelajari sendiri. Berikut ini macam-macam teknologi yang digunakan :
MIDI atau Music Instrument Digital Interface, adalah pelopor yang membuka pintu bagi dunia programming ke dunia music.Dengan MIDI alat musik yang satu dengan yang lainnya dapat berinteraksi (berinterface) dan saling mengatur ataupun diatur.MIDI programmer dibutuhkan mulai dari performer, arranger hingga ke pembuat aplikasi-aplikasi musik.Semua perangkat seperti komputer, tablet, smartphone, PC dan Mac bergantung dengan soundcard-soundcard yang sekarang sudah disetup dengan General Midi untuk memastikan sound yang dihasilkan bisa sama apabila dimunculkan dalam bentuk MIDI(.MID yaitu flat file yang bisa diparsing dengan bahasa-bahasa pemrograman standard seperti C, VB, PHP, Phyton, Java, dsb). Atau bisa juga disebut sebagai file yang berisi instruksi-instruksi program agar alat-alat musik tertentu baik bentuk aplikasi maupun hardware mengerjakan apa yang diinginkan programer)
DSP atau Digital Signal Processing adalah teknologi yang digunakan dalam DAW (Digital Audio Workstation). DSP memungkinkan seorang progammer mampu memanipulasi. audio signal yang sudah didigitalkan melalui teknik sampling.  Hasil seninya adalah seperti speech composing yang marak di sosial media.  Hasil industri lainnnya adalah lahirnya MP3 yang mampu mengkompres CD-quality file dari 32 Mb sampai ke 3 Mb tanpa kehilangan suara secara signifikan.  Sebuah revolusi yang membuat musik bisa didistribusikan melalui internet dengan cepat. 
Belum selesai "revolusi MP3", revolusi streaming sudah menjadi industri tersendiri.  Semua karena signal-signal sound yang sudah berhasil digitalkan dan di proses melalui teknologi DSP.  Ahli-ahli bidang elektronika, informatika, fisika,matematika dan computer science terus bekerja mengembangkan teknologi ini di universitas-universitas teknik terkemuka.
MusicXML muncul karena format file MIDI lebih sulit dimanipulasi sehingga ketika lahir XML (eXtensible Markup Language) dunia musik digital pun ikut terkena imbasnya dengan berkembangnya format MusicXML.  Dengan format ini, aplikasi-aplikasi dapat berhubungan lebih mudah.
Aplikasi music editor seperti Finale, dan Sibelius semua standard menggunakan MusicXML sebagai common platformnya.  Aplikasi-aplikasi DAW pun tidak ketinggalan menggunakan teknologi ini untuk menambahkan fitur "notasi" sebagai fitur standardnya. Ketiga teknologi diatas cuma contoh kecil karena teknologi akan semakin berkembang, sehingga musik digital tidak bisa lagi diprediksi dengan mudah.  Tapi yang pasti sudah terjadi persinggungan antara musik dan programming melahirkan orang-orang yang disebut music programmer yang dibutuhkan industri musik. Apakah anda tertarik untuk mencoba menjadi  seorang music programmer? (*Kd)

Romeltea Media
LPM - SAINT Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Posting Komentar

 
back to top